TERMODINAMIKA

TERMODINAMIKA

Rabu, 01 April 2015

SKALA TEMPERATUR

Di Amerika banyak menggunakan skala Fahrenheit (0˚C).  Dalam pembuatan skala tersebut dibuatkan titik referensi, yang disebut titik tetap yang kemudian dibuat skala sekehendak kita.  Sebelum tahun 1954 ditentukan dua titik sebagai titik acuan baku, yaitu titik es dan titik uap.
Titik es yaitu suatu titik di mana terdapat campuran air yang jenuh udara dengan es yang bertekanan 1 atmosfir.  Titik uap adalah suhu di mana terdapat air mendidih pada tekanan 1 atmosfir.
Fahrenheit pada tahun 1724 telah menentukan skala temperatur di mana pada 32˚F adalah titik es, pada 212˚F  merupakan titik uap serta temperatur rectal berkisar 98,6˚F. Dalam bidang kedokteran banyak menggunakan skala Celcius, titik es diberi harga 0˚C suhu pada titik uap diberi 100˚C.  Untuk keperluan bidang ilmu pengetahuan diperlukan skala lain yaitu skala Kelvin.
Sekarang ini titik tripel dipakai sebagai titik acuan baku yaitu 0,01˚C (273,16 K).  Untuk mendapatkan gambaran jelas tentang hubungan ini, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Skala Rankin digunakan di Inggris.  Hubungan skala suhu itu dapat dinyatakan dalam persamaan :
             
  9
TR  =           T
              5

  9
TF   =           t  + 32
              5

TF   =  T - 459,67

1 komentar: